NPSHa dan NPSHr – cara berpikir cepat

Hello guys

Seperti dalam artikelku sebelumnya, bahwa definisi head adalah energi persatuan berat, satuannya adalah meter. Berikut ini definisi njlimet bin ruwet yg harus dihapalkan seorang mahasiswa teknik mesin sebelum ujian : NPSHa adalah head yg dimiliki cairan pada sisi isap pompa (ekivalen dgn tekanan mutlak pd sisi isap pompa), dikurangi dgn tekanan uap jenuh cairan di tempat tsb. Orang awam (non teknik mesin/kimia) kadang tdk akan faham walaupun definisi itu kita baca ratusan kali.

Jika kita merujuk literatur pompa baik dalam dan luar negeri,maka definisinya lebih njlimet dan ruwet lagi sehingga semakin menambah pusing kalangan mahasiswa teknikmesin/kimia, bahkan kita yg didunia kerjapun kadang dibikin pusing dgn definisi2 tersebut, padahal yg kita butuhkan kita faham philosophy nya karena kita dituntut berpikir cepat dlm dunia kerja atau dlm wawancara kerja yg notabene interviewernya adalah orang HRD yg “buta” mesin.

NPSHa adalah singkatan dari Net Positive Suction Head available. NPSHr adalah singkatan dari Net Positive Suction Head required.

Jadi, sesuai artikel saya sebelumnya, maka kita dapat berpikikir dan menjelaskan dgn cepat bahwa NPSHr adalah energi yg dibutuhkan di suction pompa dan NPSHa adalah energi yg tersedia di suction pompa. Itulah mengapa NPSHa harus lebih besar daripada NPSHr. NPSHr kita dapatkan dari vendorpompa dan NPSHr kita itung di system kita.

Simple kn??

Sekian.Salam

Leave a comment