HEAD pada pompa – cara berpikir cepat

What is head ? Please explain !!

Itulah salah satu contoh pertanyaan dlm wawancara kerja atau ujian, konon jika kita tidak bisa menjwab pertanyaan ini maka kita tdk akan lolos wawancara kerja atau dalam ujian tugas akhir atau thesis. Bahkan jika kita tidak bisa menjawab pertanyaan itu dalam dunia kerja, maka runtuhlah gelar sarjana teknik mesin atau teknik kimia kita atau gelar technician/diploma kita.

Terlalu berlebihan ya?? tetapi kenyataannya pertanyaan tersebut sulit dijawab, bahkan jika kita melihat buku2 literatur pompa dan kompressor baik cetakan dalam maupun luar negeri maka akan ditemui definisi yang cukup rumit apalagi jika sudah masuk definisi NPSHr atau NPSHa

Ketika saya pertama kali mengambil matakuliah pompa dan kompressor, maka yang terbetik dalam pikiran saya adalah HEAD=KEPALA….tp apa kaitan KEPALA dgn POMPA???

setelah belajar sekian lama dgn matakuliah mekanika fluida dan pompa kompressor maka jadi tahulah saya bahwa HEAD adalah tidak lebih hasil perhitungan rumus benoulli yg ruwet dan njlimet yg ujung2nya bahwa satuannya adalah meter atau feet…

Pertanyaan berikutnya di HEAD saya (baca : kepala) adalah kenapa mekanika fluida pada pompa mempunyai satuan meter atau feet? bukankah yg benar adalah watt? bukankah meter adalah satuan panjang sejak plajaran SD? sejak kapan meter jadi satuan energi??? ataukah pelajaran SD itu yg salah?

Akhirnya pada suatu ketika, seorang profesor di kampus saya menjelaskan bahwa HEAD ADALAH ENERGI PER SATUAN BERAT. Energi bisa berupa tekanan atau energi potential.

Ternyata setelah belajar sekian lama, maka secara logika, energi dalam satuan meter adalah lebih memudahkan kita dalam membayangkan pompa yang kita design. Pompa mempunyai head 10 meter artinya pompa dapat mengalirkan air dengan tekanan kurang lebih 1bar. Jadi jika kita ingin mentransfer air dari basement ke atap gdung pencakar langit yg tingginya 1000 meter, maka dgn mudah kita akan mengatakan bahwa kita butuh pompa dgn head 1000 meter.

Kesimpulannya, manakah dari kedua pertanyaan ini yg paling mudah dijawab :

1. Berapa energi yg dibutuhkan untuk menaiki tangga setinggi 10 meter ?

2. Berapa piring nasi yang dibutuhkan untuk menaiki tangga setinggi 10 meter ?

Tentulah kita pilih nomer dua karena lebih mudah.

Sekian

About these ads

One response to “HEAD pada pompa – cara berpikir cepat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s